Menkes: Fokuskan Ibadah dan Hindari Selfie dengan Unta

Menkes: Fokuskan Ibadah dan Hindari Selfie dengan Unta
Menkes: Fokuskan Ibadah dan Hindari Selfie dengan Unta
Jakarta - Hari yang dinanti-nanti calon jemaah haji tiba. Mereka mulai berangkat ke Tanah Suci. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada Jumat (28/7) pagi melepas kelompok terbang pertama jamaah haji Indonesia dari Jakarta tahun 1438 Hijriyah/ 2017 Masehi ke Tanah Suci, Arab Saudi.

“Karena kloter awal yang akan tiba lebih dahulu di Madinah dan beberapa minggu tinggal di Mekkah sebelum wukuf, maka mohon dijaga betul kesehatannya, jangan terlau diforsir untuk beribadah, mohon diimbangi dengan kondisi kesehatan,” kata Lukman di Bandara Halim Perdanakusuma, Jumat (28/7) seperti dilansir Antara.

Kloter pertama yang dilepas itu dari embarkasi Jakarta Pondok Gede. Mereka adalah jamaah haji dari Provinsi DKI Jakarta yang berjumlah 393 orang terdiri atas 388 jemaah haji, satu orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), satu orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) serta tiga orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Turut melepas jamaah seperti Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Abdurrahman dan sejumlah pejabat lainnya.

Selain jemaah haji dari embarkasi Jakarta Pondok Gede, pada hari yang sama akan diberangkatkan jamaah haji dari tujuh tujuh embarkasi lainnya, yaitu embarkasi Jakarta Bekasi (JKS), Surabaya (SUB), Solo (SOC), Medan (MES), Padang (PDG) dan Makssar (UPG) dengan jumlah jemaah sebanyak 5.324 orang atau 13 kloter.

Kloter I itu terbang menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 7261 yang akan diberangkatkan dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta dan akan mendarat di Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Arab Saudi.

Menkes Nila Moeloek meminta jemaah haji senantiasa membiasakan pola hidup sehat denga istirahat yang cukup, menkonsumsi makanan yang cukup, juga minum air yang banyak agat terhindar dari dampak cuaca panas yang musim haji ini menyentuh hampir 48 derajat.

Menurut Menkes, saat ini rata-rata jemaah haji berusia lanjut dan berkategori risiko tinggi.

“Biasakan pola hidup sehat, makan dan minum serta istirahat yang cukup dan hindari berswafoto (selfie) dengan unta, fokus saja pada ibadah,” kata Menkes.

Jemaah haji Indonesia tahun ini berjumlah 221 ribu, naik 50-an ribu dibanding tahun sebelumnya, menyusul kembali normalnya kuota haji pasca perluasan Masjidil Haram.


-  KUMPARAN  -


Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.