Tim Satgas Karhutla Padamkan Kobaran Api Di Lahan Siak

Tim Satgas Karhutla Padamkan Kobaran Api Di Lahan Siak
Siak - Tim gabungan Satgas Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) di Kabupaten Siak melakukan pemadaman kebakaran lahan. Pelaku dan pemilik lahan masih diselidiki.

Kebakaran lahan terjadi di Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau. Tim pemadam terdiri dari BPBD, Damkar Siak, pihak kepolisian dan warga bahu membahu melakukan pemadaman di lokasi. Kebakaran lahan diperkirakan 2 hektare.

"Sejak kemarin tim melakukan pemadaman di lokasi. Hari ini juga tim masih berada di lokasi untuk melakukan pendinginan," kata Kepala Bidang Damkar, Pemkab Siak, Irwan P kepada detikcom, Senin (31/7/2017).

Irwan menjelaskan, tim gabungan sejak kemarin hingga hari ini terus melakukan pendinginan di lokasi. Dengan cuaca yang panas serta angin kencang membuat tim harus kerja keras agar api tidak menjalar ke tempat lain.

"Kemarin api sudah bisa kita padamkan. Hanya saja dengan cuaca yang panas dan angin kencang, kita hari ini melakukan pendinginan ulang," kata Irwan.

Soal penyebab kebakaran, kata Irwan pihaknya belum dapat memastikannya. Begitu juga soal pemilik lahan. Pihak kepolisian lagi menyelidiki pelaku dan pemilik lahan.

"Lahan yang terbakar merupakan lahan gambut. Dengan menggunakan mesin air, tim terus melakukan pendinginan agar api tidak menjelar di bawah permukaan," kata Irwan.

Sementara itu dari data BMKG Pekanbaru tentang hotspot di Riau pada level confidence 70 hari ini ditemukan 11 hotspot. Paling banyak, hotspot berada di Kabupaten Bengkalis dengan jumlah 11 titik. Selanjutnya, di Rohil 3, Siak1 dan Inhi 1.



-  DETIK  -


Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.