Mitos-Mitos Yang Masih di Percaya Sampai Saat Ini

Mitos-Mitos Yang Masih di Percaya Sampai Saat Ini
Jakarta - Sejak kecil pasti kita banyak menerima doktrin dari orangtua dan keluarga. Misalnya tentang mandi dengan agar membunuh semua bakteri, tidur siang agar tak diculik “wewe gombel” dan masih banyak lagi.

Memang tak semua doktrin tersebut salah, namun juga tidak semuanya benar. Fakta-fakta yang kita baca dan dengar sejak kecil kebanyakan tidak pernah kita ragukan. Sayangnya banyak dari fakta tersebut yang cuma muslihat. Seperti 11 mitos yang dirangkum TribunTravel.com dari brightside.me berikut ini.

Fakta ini sebenarnya adalah kesalahpahaman yang terus diulang disetiap generasi. Akan tetapi jika kamu mengetahuinya sekarang, mungkin kamu bisa merubah doktrinmu pada keturunanmu menjadi lebih baik.

1. Sabun Membunuh Bakteri

Pada dasarnya sabun hanya mencuci bakteri tanpa membunuhnya. Lantas bagaimana sistem kerja sabun?

Ketika mencuci tangan dengan sabun, minyak dalam sabun akan membersihkan tempat berkembang biak bakteri.

2. Jika Menelan Permen Karet, Maka Permen Itu Akan Tinggal di Perut Selama 7 Tahun

Meskipun permen karet memiliki tekstur yang kental dan tidak rentan terhadap asam lambung dan tidak larut. Namun permen karet sebenernya dikeluarkan oleh tubuh secara alami setelah 1 sampai 2 hari. Permen tersebut keluar melalui kontraksi otot perut.

3. Mencukur Rambut Membuatnya Lebih Tebal

Setelah kita memotong bagian luar rambut, yang tersisa adalah bagian tumpul dalamnya. Dan itu akan membuat dia tumbuh seperti sebelum kita mencukurnya.

4. Menyentuh Kodok Menyebabkan Kutil

Kutil adalah pertumbuhan tumor jinak yang disebabkan oleh papillomavirus. Hal ini bisa tertular saat kamu berada ditempat umum dan berkontak langsung dengan orang yang juga menderitanya.

5. Rambut dan Kuku Manusia Dapat Tumbuh Meski Telah Mati

Setelah seseorang meninggal, kulit mereka menjadi dehidrasi yang menciptakan ilusi pertumbuhan kuku dan rambut.

6. Tembok Besar China Terlihat Dari Ruang Angkasa

Meski pun panjang Tembok Besar China lebih dari 4.300 mil, tetap saja sulit melihat dari ruang angkasa. Traveler dapat melihat dinding hanya di bawah kondisi cahaya dan cuaca tertentu, itupun hanya dari orbit rendah.

7. Kelelawar Buta

Meski kelelawar menggunakan indra pendengarannya, namun mereka juga menggunakan penglihatan malam saat berada di bawah cahaya tertentu.

8. Air Konduktor Listrik

Bagaimana air bisa menghantarkan listri ketika dia tidak memiliki partikel bermuatan positif dan negatif.

9. Antibiotik Membunuh Virus

Antibiotik hanya berurusan dengan bakteri, membunuh mereka atau menghentikan reproduksi mereka, bukan virus.

10. Duduk Dekat TV Mempengaruhi Ketajaman Penglihatan (Membuat Mata Minus)

Tidak ada bukti untuk fakta ini. Namun, duduk dekat dengan TV dan terlalu banyak menonton TV dapat menyebabkan kelelahan mata.





-  TRIBUN  -
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.