Gempa 4,2 SR di Laut Lamongan, Getaran Sampai Tuban

Gempa 4,2 SR di Laut Lamongan, Getaran Sampai Tuban
Tuban - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4.2 SR terjadi di perairan timur laut Kabupaten Lamongan, Jawa Timur pada pukul 19:28:58 WIB, Minggu (23/7/2017).

Pusat gempa berada di titik koordinat 6.82 LS - 112.48 BT atau 35 kilometer Timur Laut Kabupaten Lamongan pada kedalaman 5 kilometer. Meski gempa berada di Lamongan, getaran gempa tersebut juga dirasakan hingga wilayah Kabupaten Tuban.

"Di wilayah Tuban gempa dirasakan sekitar 5 detik," terang Joko Ludiono, selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban.

Joko menjelaskan, terjadinya gempa tersebut merupakan gempa susulan yang terjadi pada Sabtu pagi kemarin. Namun untuk gempa bumi yang kemarin hanya berskala kecil dan tidak menimbulkan getaran yang berarti.

"Mudah-mudahan tidak terjadi gempa susulan, tapi tetap waspada. Kalau yang ini indikasi gempa susulan dari yang kemarin itu," tambahnya.

Meski menimbulkan getaran hingga Tuban, gempa bumi di perairan laut di wilayah Lamongan tersebut tidak berpotensi Tsunami. Sehingga diharapkan warga Kabupaten Tuban tetap tenang.

"Berdasarkan laporan dari relawan, gempa dirasakan di Kecamatan Jenu, Tuban dan Widang. Semakin ke timur getarannya semakin kuat, khususnya di wilayah Pantura," pungkasnya.



-  © BERITAJATIM  -
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.